Friday, June 8, 2012

Arkeolog Temukan Patung Pendiri Budhisme


detail berita
Patung Siddharta (foto: Live Science)
KABUL - Di tengah reruntuhan kuil Budha di Afghanistan, para arkeolog berhasil mengungkap keberadaan sebuah patung batu. Patung ini dikatakan menggambarkan pangeran Siddharta sebelum mendirikan Budhisme.

Patung batu atau stele ini ditemukan di situs purbakala Mes Aynak pada 2010. Tapi patung batu tersebut baru dianlaisa dan dapat dideskripsikan baru-baru ini. Demikian dilansir Live Science, Jumat (8/6/2012).

Patung tersebut dipahat dari batu sekis dengan tinggi sekira 28 centimeter. Wujudnya berupa sosok seorang pangeran dengan biksu berada di sisinya.

Berdasarkan koin perunggu yang ditemukan di dekatnya, profesor di College de France, Gerard Fussman memperkirakan patung itu berasal dari masa setidaknnya 1.600 tahun lalu. Sedangkan Siddharta hidup pada masa 25 abad yang lalu.

Pangeran Siddharta pada stele ini ditampilkan sedang duduk di atas bangku rotan bulat, matanya menatap ke bawah dan kaki kanannya menyilang ke kaki kiri. "Dia berbalut dhoti (sejenis kain), dengan sorban, kalung, anting dan gelang. dia duduk di bawah pepohonan pipal," terang Fussman dalam penelitiannya.

"Sorban itu dipercantik menggunakan ornamen, namun tanpa menyematkan satupun figur manusia di sana," imbuhnya.

Sementara itu, seorang biksu berdiri di sisi kanan pangeran. Lengan kanan biksu itu tegak dan memegang sebuah bunga teratai. Sedangkan tangan kirinya memegang sejenis benda berbentuk bulat.

Berdasarkan ikonografi stele ini, terutama daun-daun pipal, Fussman percaya pangeran itu adalah Gautama Siddharta Sakyamuni yang kemudian akan menerima pencerahan serta menjadi Buddha.Stele ini menunjukkan masa awal kehidupannya sebelum dia memulai perjalanan menuju pencerahan.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL BUSUK