Thursday, June 14, 2012

Malam Ini, Asteroid Besar Bakal Melintasi Bumi


detail berita
Ilustrasi (Foto: Asteroidapophis)
CALIFORNIA - Sebongkah benda luar angkasa raksasa dikabarkan akan melintasi bumi tepat Jumat, 15 Juni 2012, dini hari. Peristiwa langka yang jarang terjadi ini kemungkinan bisa Anda saksikan secara langsung beberapa jam ke depan.

Dilansir Space, Kamis (14/6/2012), asteroid yang bakal mendekati bumi ini bernama 2012 LZ1. Para astronom mengestimasikan bahwa benda luar angkasa tersebut memiliki lebar 1650 kaki atau sekira 500 meter. Astronom mengatakan bahwa tidak ada dampak buruk dari lintasan asteroid itu terhadap bumi, hanya saja momen langka itu kemungkinan bisa Anda tangkap melalui kamera.

Itulah yang kini sedang dipersiapkan oleh tim Slooh Space Camera, layanan teleskop robot yang bisa ditonton melalui web browser dengan plug-in Flash. Layanan skywatching (memandang langit) online itu akan melatih teleskop di Canary Islands, Spanyol.

Teleskop itu akan mengarahkan posisi bidiknya pada 2012 LZ1 dan merekamnya secara langsung, dimulai pada 8.00 p.m. Eastern Daylight Time (EDT) kamis atau 0000 GMT jumat.

Bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan melalui streaming Internet, disarankan untuk mengakses situs Slooh. Asteroid besar itu dikabarkan hanya muncul ke radar astronom mulai pekan ini.

Kehadiran benda luar angkasa itu telah ditemukan pada 10 sampai 11 Juni 2012 malam oleh Rob McNaught dan rekannya. Mereka mengintip 2012 LZ1 melalui teleskop Uppsala Schmidt di Siding Spring Observatory, Australia.

Para peneliti memperkirakan, asteroid itu akan tiba malam ini dengan beda jarak 3,35 juta mil (5,4 juta kilometer) dari bumi atau sekira 14 kali jarak antara bumi dan bulan. Oleh karena asteroid itu memiliki ukuran dan kedekatan pada bumi, 2012 LZ1 ini memenuhi syarat sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya.

Asteroid terdekat yang mengampiri bumi umumnya memiliki ukuran paling kecil 500 kaki (150 meter) dan melintas dengan beda jarak 4,65 juta mil (7,5 juta kilometer) dari bumi.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL BUSUK